Home Blog Blog Apa itu Baby Blues, Apakah Membahayakan Bagi Ibu dan Bayi?

Apa itu Baby Blues, Apakah Membahayakan Bagi Ibu dan Bayi?

Singkatnya, baby blues adalah perasaan sedih atau takut yang dialami oleh Moms pasca melahirkan sang buah hati. Perasaan yang dirasakan bisa sangat sedih di hari-hari pertama bayi kita lahir.

Lalu, apakah ini berbahaya Moms?

Sebetulnya, baby blues adalah gejala yang sangat normal bagi para Ibu baru. Jadi Moms tidak perlu khawatir jika setelah melahirkan ada perasaan kesal, sedih, ingin teriak dan gejala lain  yang kurang membuat nyaman Ibu dan bayi. Namun perlu diketahui, tidak semua Ibu mengalami gejala ini. Diperkirakan ada sekitar 60 – 80 % dari Moms yang merasakan baby blues.

Nah, sekarang Moms sudah tau apa itu baby blues kan? Lalu gejala seperti apa sih yang akan timbul ketika kita mengalami sindrom tersebut? Berikut adalah beberapa gejala yang biasa Moms alami selama baby blues.

  1. Moms akan lebih sensitif
  2. Tubuh Moms akan cepat merasa lelah
  3. Moms akan merasa selalu ingin menghindar dari bayi kita
  4. Moms akan sering menangis tanpa alasan yang jelas
  5. Kurangnya konsentrasi atau menjadi tidak fokus

Setelah mengetahui gejalanya, pasti Moms penasaran bagaimana cara jitu mengatasi sindrom tersebut. Tapi sebelumnya, perlu Moms ketahui kalau baby blues ini biasanya terjadi selama 14 hari pasca melahirkan. Dan puncak “kekesalan” Moms biasanya terjadi pada hari ke 3 & 4.

Jika Moms khawatir baby blues akan menyerang, tenang saja Moms karena ada beberapa cara jitu yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Pertama, ungkapkan kekesalan Moms kepada orang tersayang, seperti suami. Disini peran suami sangat besar lho Moms. Mereka bisa membantu Moms untuk mengurangi gejala yang ada. Coba bicarakan dengan disisipkan canda tawa dengan suami sambil mengingat masa-masa berpacaran dulu. Ahh, pasti bakal lupa deh sama rasa kesalnya.

Kedua, lebih rutin berolahraga. Biasanya, Moms yang hobi olahraga dari semenjak masa kehamilan cenderung lebih bahagia, karena sudah terbiasa mengontrol emosinya sendiri. Jadi jika ada Moms (yang sedang hamil) saat ini masih jarang berolahraga, yuk mulai gerakkan badan supaya terhindar dari sindrom baby blues.

Ketiga, tidurlah ketika bayi Moms tidur. Meskipun terdengar agak sulit, namun cara ini wajib dilakukan lho Moms. Kalau bisa hindari beberes rumah sejenak dan ikutlah beristirahat bersama buah hati. Mintalah bantuan suami atau keluarga lain untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah. Curilah waktu tidur saat sang buah hati terlelap.

Keempat, bersantailah sejenak. Mungkin dari sekian banyak cara untuk mengatasi baby blues, beristirahat adalah yang terbaik. Mengapa? Karena dengan beristirahat, badan dan pikiran Moms juga akan lebih rileks. Sesekali ajaklah suami dan anak untuk berlibur bersama. Tidak perlu jauh-jauh, cukup menginap di villa daerah pegunungan juga sudah menyenangkan lho Moms.

Menjadi seorang Ibu memang sebuah tantangan baru, apalagi bagi Moms yang baru dikarunai anak pertama. Gejala baby blues juga menjadi suatu momok yang menakutkan bagi Moms, tapi tenang saja Moms, coba bayangkan betapa lucu dan menggemaskannya anak-anak kita. Dijamin rasa takut dan kesal akan hilang.

Jika Moms merasa waktu istirahatnya berkurang karena beberes rumah dan perlengkapan si bayi, dengan Nurture, Moms bisa beristirahat lebih banyak lho. Kok bisa? Yup, ini karena Nurture hadir sebagai sterilizer peralatan bayi pertama di Indonesia yang mempunya dryer sekaligus deodorizer. Jadi dalam waktu 1 jam Moms bisa bersantai sejenak dan melupakan si baby blues ini.

Sooo, don’t be afraid ya Moms! With Nurture, parenting made easier.

Customer Care

Whatsapp : +62 851 06 544 555

Subscribe Newsletter

loading